Jumat, 27 Mei 2016

MANFAT SILATURAHMI DALAM EKONOMI BISNIS

MANFAAT SILATURAHMI DALAM EKONOMI BISNIS

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjahJuLBK27L-0z8RSebIyxi2fLyuuPeSpmWoa5qoQtPBSEs5BsIaubed382TN08RUoC3y1PTsUi9LniXT40Fg4IyIcehk183Tdzv13rerDRrn8jw9hWvBsOZLLEMNN_7rbLPcs6U1wpAo/s1600/silaturahmi.gif
       Sumber : http://1.bp.blogspot.com/ebnM99KCmbI/T3UiGpMPNqI/AAAAAAAAAfY/TTcIrng4bIg/s1600/silaturahmi.gif


Silaturahmi.....pasti kalian sudah sering mendengar kata itu buka ? atau mungkin tanpa kita sadari hampir setiap hari kita melaksanakana silaturahmi dalam kehidupan kita. Sebenarnya apa arti kata silaturahmi sendiri, Nah bagi yang belum paham bisa baca tulissan ini !!
Silaturahmi adalah hubungan kekerabatan atau bisa juga mengikat tali persahabatan (pesaudaraan). Silaturahmi mempunyai banyak manfaat antara lain :
1.       Mendapatkan ridho dari Allah SWT.
2.       Membuat orang lain yang kita kunjungi merasa bahagia.
3.       Memanjangkan usia/umur.
4.       Menambah banyak dan memerluas rejekinya.
5.       Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaran dan persahabatan.
Itulah sedikit dari banyak manfaat silaturahmi dalam kehidupan ini. Dari beberapa manfaat silaturahmi di atas kita akan menitik beratkan pada point manfaat silaturahmi dapat memperluas rejeki dan memanjangkan umur. Sebenarnya apa manfaat silaturahmi dalam lingkungan ekonomi bisnis atau istilah yang lebih keren yaitu Business Relationship. Apakah silaturahmi bisa memberikan dampak pada perekonomian/dunia bisnis, Mari kita kaji lebih dalam!
Dalam masyarakat ada berbagai jenis pekerjaan mulai dari PNS, Buruh, Wiraswasta, Pedagang, Sopir, Petani, dll. Bagi mereka yang bekerja sebagai PNS tentu tidak usah khawatir karena pekerjaan tetap dan tentu mempunyai penghasilan yang tetap setiap bulannya, lalu bagaimana untuk mereka yang pekerjaannya sebagai pedagang dan wiraswasta, mereka harus memasarkan produknya, mereka juga harus mempromosikan produknya ke masyarakat umum kalau mau penjualan produk mereka terus meningkat. Kalau penjualan tidak lancar otomatis mereka tidak akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan yang diharapkan, akhirnya ekonomi keluarga harus terpuruk.
Nah bagaimana agar ekonomi terus eksis dalam keadaan baik dan penjualan terus meningkat sehingga bisnis menjadi lancar dan rejeki semakin besar, yaitu dengan promosi. Promosi produk memerlukan banyak biaya dan membutuhkan waktu dan proses yang lama. Solusi yang bisa ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan silaturahmi, dengan silaturahmi akan memperluas jaringan kita dengan teman – teman, keluarga dan masyarakat, menambah keakraban dan kebersamaan.
Silaturahmi tidak harus dilakukan dari pintu yang satu ke pintu yang lainnya, kita tidak harus bertatap muka langsung dengan mereka. Silaturahmi jaman sekarang lebih efisien dan mudah, kita bisa memanfaatkan media sosial media untuk bersilaturahmi dengan teman – teman mulai dari SD, SMP, SMA, Kuliah dan teman bekerja, Tetangga, Saudara. Kita bisa membuat akun – akun di sosial media misalnya facebook, Twitter, Telegram, Instagram, Whatshap, BBM, Line, dll.
Banyak sekali media yang bisa kita manfaatkan untuk menjalin silaturahmi tanpa biaya yang mahal, dengan adanya grup – grup di akun sosial media selain untuk mempererat tali silaturahmi, bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk – produk yang kita jual, sehingga penjualan kita akan naik dan bisnis menjadi lancar. Kita bisa setiap hari mempromosikan produk – produk kita dengan memposting foto – foto produk dengan kemasan yang menarik dan spesifikasi harga yang jelas, sehingga orang yang melihat akan tertarik untuk membelinya, kita juga bisa memposting katalog – katalog online di akun sosial media. Dengan menjalin silaturahmi yang baik dengan sesama teman, otomatis pershabatan akan terjaga dengan baik, komunikasi lancar.
Silaturahmi sekarang danat mudah dilakukan setiap saat dengan mengirimkan sms, ngobrol lewat telegram,whatshap, BBM itu juga sudah termasuk silaturahmi tanpa harus ketemu langsung. Kalau kita bisa menjaga silaturahmi dan memperluas jaringan komunikasi kita dengan semua orang, maka akan timbul yang namanya relasi bisnis, dari rekasi bisnis tersebut informasi dan inspirasi baru bisa kita dapatkan.
Inilah sekedar coretan saya mengenai manfaat silaturahmi dalam ekonomi bisnis, semoga bermaanfaat. aamiin

Referensi : Modul Lingkungan Ekonomi Bisnis, Pascasarjana UNIBA surakarta. Dosen Pengampu Dr. SUPAWI PAWENANG, SE., MM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar